Harapan Kebangkitan Kota Solo dari Para Seniman dalam Pagelaran Solo Bangkit untuk Indonesia

 

Sejumlah seniman Solo menggelar pertunjukkan seni untuk menunjukkan bahwa Kota Solo sudah bangkit

WARTAJOGLO, Solo - Mengusung tajuk Solo Bangkit untuk Indonesia, sejumlah seniman dari Nota Solo menggelar sebuah pertunjukan seni kolaboratif. Dengan talenta masing-masing, mereka menampilkan beragam bentuk karya, untuk menunjukkan bahwa Kota Solo sudah bangkit dari keterpurukan akibat pandemi corona. 

Diprakarsai oleh Batik Walang Kekek dan Ndalem Arianti at Laweyan, berbagai pihak dilibatkan dalam pagelaran ini. Mulai dari Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta para tokoh masyarakat yang ada di Kota Solo.  

Di antaranya Gubernur Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Waldjinah, Sumartono Hadinoto, Anas Syahirul, Menil Ester Wulandari, Endah Laras, dan juga Atikoh, istri Ganjar Pranowo. 

Menil Ester Wulandari sebagai ketua penyelenggara mengatakan bahwa pagelaran itu dibuat sebagai wujud rasa cinta kepada Kota Solo. Serta upaya untuk melestarikan seni budaya warisan leluhur. 

"Ini adalah bentuk cinta kami kepada Kota Solo, bentuk cinta kami pada budaya. Semoga hal ini bisa jadi embrio. Untuk menyemangati kota-kota lain," katanya saat ditemui di galeri Walang Kekek, Selasa (18/8) sore. 

Pagelaran ini diwujudkan dalam video, yang diupload di channel Youtube. Di dalamnya tampil sosok penyanyi keroncong legendaris Waldjinah. Lalu tarikan suara merdu Endah Laras, serta gerakan gemulai tari topeng yang dibawakan oleh Irawati Kusumoratri dan juga aksi teatrikal oleh Guh S Mana. 

Sementara Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dalam pemaparannya menjelaskan bahwa tujuan utama dibuatnya pagelaran kesenian tersebut adalah untuk mengenalkan Solo sebagai destinasi wisata budaya. Sehingga dengan kegiatan tersebut banyak wisatawan yang datang ke Solo untuk menikmati beragam keindahan yang ada. 

Tak jauh beda dengan Walikota Surakarta,  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mengharapkan agar acara ini dapat jadi pemicu indonesia untuk segera bangkit. 

"Semoga pagelaran seni ini benar-benar bisa membnagkitkan kembali Kota Solo, sehingga mampu menarik wisatawan untuk datang," ungkapnya dalam video berdurasi lebih dari 30 menit itu. //bang


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel