Menghidupkan Kembali Suzzana

WARTAJOGLO - Sepeningal Suzanna yang meninggal 15 Oktober 2008. Dan seiring dengan maraknya film horor di Indonesia, banyak aktris yang mencoba untuk menjadi penerus dari ratu film horor Indonesia itu. Salah satunya adalah mendiang Julia Perez (Jupe). Bahkan begitu besarnya tekad untuk bisa menjadi pengganti Suzanna, diwujudkan Jupe dengan menjalankan serangkaian ritual yang konon disyaratkan oleh Suzanna.

Adalah Clift Sangra, mantan suami Suzanna yang menjabarkan beragam ritual yang harus dijalani oleh Jupe. Yang mana menurut Clift, hal itu didapat dari pesan khusus mendiang Suzanna kepada dirinya. Sehingga siapapun yang ingin menjadi penerus Suzanna harus menjalankannya dengan sempurna.

Setidaknya ada sembilan syarat ritual yang harus dijalani oleh Jupe pada tahun 2012, saat dirinya memutuskan ingin menjadi penerus Suzanna. Selain rutin makan bunga melati, Jupe juga harus menjalankan meditasi di sebuah kamar hotel di kawasan Pelabuhan Ratu, yang konon menjadi kamar Ratu Kidul, dengan pakaian mirip penguasa gaib Laut Selatan itu.

Tak hanya itu, Jupe juga harus menjalankan ritual mandi tengah malam di Pantai Parangtritis, Yogyakarta agar terjadi penyatuan energi dengan Ratu Kidul. Lalu berpantang makan makanan yang diambil dari dalam tanah, serta menjinakkan ular. Hanya saja ada beberapa ritual yang sengaja tidak disebutkan oleh Clift, dengan alasan menunggu Jupe tuntas menjalankan serangkaian ritual awal yang disebutkan.

Tak ada kabar apakah Jupe benar-benar berhasil menjadi titisan Suzanna. Namun yang pasti di filmnya yang berjudul Rumah Bekas Kuburan, disematkan kalimat Titisan Suzanna di belakang nama Jupe, yang berperan sebagai tokoh utama di film itu.

Alih-alih bisa benar-benar menjadi sosok Suzanna yang baru, akting Jupe disebut-sebut masih jauh bila dibandingkan dengan Suzanna. Sehingga kemudian banyak orang yang meragukan hasil dari proses ritual yang dijalani Jupe. Yang bahkan disebut-sebut hanya sebatas gimick untuk mendongkrak pemasaran sebuah film.  

Dan sayangnya, belum sempat Jupe membuktikan kalau dirinya sanggup benar-benar menjadi titisan Suzanna, aktris seksi ini keburu meninggal karena serangan kanker. Bahkan sempat muncul rumor bahwa salah satu penyebab penyakitnya adalah ketidak tuntasan Jupe dalam menjalankan serangkaian ritual, untuk jadi titisan Suzanna.
 
Luna Maya disebut-sebut paling pantas untuk memerankan sosok Suzzana

Sepeninggal Jupe, rasa penasaran masih begitu membuncah di pikiran para penikmat film horor, terkait siapa yang bakal menjadi pengganti sosok Suzanna. Sampai kemudian di tahun 2018 ini, Soraya Film menoba meremake film Bernapas dalam Kubur yang pernah dibintangi Suzanna, dengan Luna Maya sebagai pemeran Suzanna.

Kelebihan fisik pada karakter tatapan mata yang tajam, membuat Luna Maya mendapat banyak pujian dan disebut-sebut akan berhasil menjadi pengganti Suzanna. Dan demi untuk menguatkan chemistry antara dirinya dengan almarhum Suzanna, Luna Maya pun sempat menjalankan serangkaian ritual seperti yang pernah dilakukan mendiang ratu film horor itu.

Saat ini Luna Maya disebut-sebut kerap memakan bunga melati. Dan pada 13 Oktober 2018 lalu, dia juga datang untuk berziarah ke makam Suzanna. Bahkan tak hanya ke makam Suzanna, Luna Maya juga datang ke Umbul Jumprit, untuk melakukan meditasi, seperti yang kerap dilakukan Suzanna di tempat itu.

Dengan serangkaian aktifitas itu, apakah Luna Maya akan benar-benar menjadi penerus Suzanna? Jawabannya tentu tergantung dari bagaimana Luna Maya bermain dalam setiap peran yang diberikan kepadanya. Sebab keberhasilan Suzanna sebagai ratu horor, bukan terjadi karena serangkaian kebiasaan mistis yang dijalaninya.

Suzanna bisa sukses karena kepiawaian serta totalitasnya dalam membawakan sebuah peran. Dan hal itu telah membuat para penonton terpikat dengan dirinya. Sedangkan aktifitas-aktifitas spiritual yang dijalankan, hanya menjadi penguat pasar di tengah keberhasilannya memikat penonton bioskop. //sik

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel